Halaman Utama

Life Mapping di Islamic Book Fair Istora Senayan

trainermuslim 

February 28, 2009

Islamic Book Fair

Islamic Book Fair kembali dilaksanakan untuk ke-8 kalinya di Istora Senayan – Jakarta mulai tanggal 28 Februari – 8 Maret 2009. Berikut jadwal acara “Islamic Book Fair 2009″

Q Sukses berpartisipasi dalam rangka “Islamic Book Fair Cerdaskan Umat & Bangun Ukhuwah”, dengan 2 agenda menarik penuh Inspirasi, yaitu :

  1. AHAD 01 – Maret – 2009
    13.00 – 15.00 Life maping traning Inpiration of Alafatehah Ir. Heru S.s, MM
  1. SENIN 02 – Maret – 2009
    10.00 – 12.00 Total managemen berbasis Al Fatehah Ir. Heru S.s, MM

berikut adalah ringkasan materinya:
Seri Sukses Inspiring Al Qur’an
oleh : farda khoirul roin

LIFE MAPPING SUKSES INSPIRING QUR’AN

Disarikan oleh: Farda Khoirul Roin
dari buku Life Mapping (Penulis: Heru SS)

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Untuk sukses kita perlu menuntaskan dulu pertanyaan-pertanyaan inti tentang diri kita yang sudah dimulai oleh para filosuf. Pertanyaan yang bisa jadi akan mengganjal langkah sukses kita kalau tidak kita selesaikan dari sekarang. Setidaknya, jawaban-jawaban yang kita temukan dapat menjadi sumber motivasi ketika kita bangun esok pagi dan mendapati diri kita di depan cermin sedang kebingungan melihat diri yang ada di dalam cermin…..tentang:

Siapa kita? Dari mana kita?
Untuk apa kita didunia ini?
Mau ke mana kita?

Saya Farda (bukan…itu hanya nama), saya seorang Direktur (bukan…itu sekedar jabatan), saya seorang ayah (bukan…itu status perkawinan). Pernahkah Anda membayangkan menjadi seorang Chuck Noland (diperankan Tom Hank) dalam film Cast Away? Seorang pemuda yang terdampar disebuah pulau terpencil dan tidak bertemu seorangpun di pulau tersebut. Masihkah diperlukan sebutan nama, jabatan, status perkawinan, status sosial dan yang lainnya? bukankah itu hanya embel-embel semu? bukankah kita suatu saat akan kembali kepada-Nya?……Jadi sebenarnya siapa sebenarnya diri kita kalau tanpa nama, jabatan, status ekonomi atau status sosial, tanpa apapun kecuali badan kita, jiwa kita, pikiran kita ?!

Tak ada yang mampu menjelaskan pertanyaan-pertanyaan tersebut kecuali dibukakannya tabir jawaban secara tuntas & tegas didalam Al FATIHAH, pembuka Al Qur’an yang menakjubkan. Ayat-ayat selanjutnya yang tertera di dalam Al-Qur’an merupakan bukti nyata kebenaran yang berasal dari ALLAH, yang mensucikan, penuh dengan ketukan-ketukan berita gembira dan peringatan yang menembus jauh dalam ke relung jiwa.

(QS.Ar Ruum 30 : 8)

Kalau saja kita paham bahwa jawaban tentang semua pertanyaan itu sudah ada di Al Quran bukankah kita makin enjoy menikmati hidup yang kita jalani sekarang?

Dan mengapa mereka tidak memikirkan tentang (kejadian) diri mereka? ALLAH tidak menjadikan langit dan bumi dan apa yang ada diantara keduanya melainkan dengan (tujuan) yang benar dan waktu yang ditentukan. Dan sesungguhnya kebanyakan di antara manusia benar-benar ingkar akan pertemuan dengan Tuhannya (QS.Ar Ruum 30 : 8)

Masih bingung apa keuntungan kita memahami diri kita? Mungkin ada diantara kita yang berpikiran… .jangan sok berpikir filosofis deh….ini jaman lagi banyak yang muflis (tidak punya uang), apa gak lebih baik berbicara yang berbau ekonomis gitu…..

Justru itu, kalau kita sedang muflis…maka berpikir filosofis akan membuahkan keuntungan yang ekonomis. Masih gak percaya kalau orang yang berpikir filosofis hidupnya ekonomis dan dijamin jauh dari istilah muflis?

Kalau Anda saat ini sedang banyak uang…emh…itung-itung tiba-tiba di rekening bank Anda ada yang transfer Rp 1 milliar. Apa yang akan Anda lakukan? Kalau hidup Anda didasari arus ekonomi capital pasti akan Anda investasikan agar menjadi 2 milliar, setelah itu Anda akan investasikan lagi agar dapat 4 milliar dan begitu seterusnya…kemudian Anda mati.

Anda menghadap Allah?

Anda masih sempat berpikir untuk membawa uang Anda menghadap Allah? syukur kalau masih sempat dan orang-orang disekeliling Anda mengikuti wasiat Anda. Tapi kalau bunyi wasiat Anda: Semua uang yang berjumlah 1 Trilyun wajib dimasukkan ke dalam peti mati saya ketika saya mati. Lantas apa yang terjadi? Dan Anda…akan diminta pertanggung jawaban tentang uang 1 Trilyun itu dihadapan ALLAH, apa ini ekonomis menurut Anda? Hidup di dunia ekonomis, tapi di akherat sudah pasti Anda muflis dari pahala yang membawa Anda ke Istana megah para penghuni Syurga.

Makanya, kalau berfikir mbok yao akherat juga diikutkan….bukankah hidup kita dunia akherat? Kalau memang kita ingin sukses dunia akherat, ya itu tadi syaratnya. Kita sadar sesadar-sadarnya tentang keberadaan kita sebagai makhluk dan kita jadikan Al-Qur’an sebagai panduan gerak kita untuk sukses dunia akherat.

Al-Qur’an Sumber Inspirasi Sukses


Adanya perubahan lingkungan yang cepat & persaingan luar biasa, membutuhkan cara dan perubahan yang luar biasa yang mendorong sebuah tindakan,

.. sesungguhnya Allah sekali-kali tidak akan merubah (sesuatu nikmat yang telah dianugerahkan-Nya kepada) sesuatu kaum, hingga kaum itu merubah apa yang ada pada diri mereka sendiri, …. (QS. Al-Anfal 8:53)

Perubahan bisa dimulai dari ilmu yang didapat dari ”membaca”!

Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari alaq. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah, Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya. (QS. Al-Alaq,96:1-5)

Kegiatan “Membaca “ tidak sekedar dari ayat–ayat Qauliyah tapi juga dari Kauniyah (alam semesta kehidupan) lalu diikuti dengan bersyukur, tunduk & cinta, dan pada akhir nya sujud dan mendekat kepada Allah SWT. Itulah dampak kesadaran ter tinggi dari mem baca. Membaca Al Qur’an secara berulang-ulang lalu mengambil pelajaran darinya.

“Dan sesungguhnya telah kami mudahkan Al-Qur’an untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?” (QS. Al Qomaar 54:17)

Membaca Ayat kauniyah & qauliyah dengan sege nap potensi dimaksudkan untuk menemukan kesa daran Visi. Sebuah kesadar an yang mendorong perubahan diri untuk menja di lebih baik.

Dari Membaca Ayat Allah baik yang Qauliyah (Al-Quran) maupun Kauniyah (Kehidupan Alam) kita akan mendapatkan makna sukses sejati, peta, dan panduan yang tuntas. Tentunya dengan membaca yang melibatkan Pemikiran yang mendalam, sehingga kita bisa mengambil pelajaran dalam setiap langkah perjalanan kehidupan ini.

Buah dari Pemikiran tersebut akan makin meman tapkan kita didalam menjalani misi di segala peran hidup yang kita ambil. Pemikiran ini akan menjadi sia-sia saja jika kita tidak mewujudkannya keda- lam sebuah Perencanaan dan mengambil Inspirasi untuk sukses lalu berkomitmen mewujudkannya dalam bentuk Gerak yang strategis dalam menca pai SUKSES.

Apa VISI SUKSES Anda ?……………..

Apa sekedar mendapatkan kebahagiaan di dunia saja? Sekedar mencapai kesejahteraan, kaya secara materi, jabatan yang tinggi atau mempunyai anak yang selalu dibanggakan karena prestasi sekolah yang luar biasa?

Sudahkah kita selalu menyadari bahwa diri ini adalah hamba ciptaan ALLAH? Seorang hamba yang telah diberi kenikmatan berupa fasilitas hidup yang super lengkap sehingga kita hanya sedikit saja berusaha maka semua kebutuhan kita akan terpenuhi?. Bukankah hewan, tumbuhan dan semua yang ada di alam ini diciptakan untuk manusia semata? Bukan untuk malaikat dan bukan pula untuk iblis….

Jadi, bukankah seharusnya Visi kita adalah Visi yang mencitrakan gerakan kembali kepada ALLAH dalam rangka mendapat rahmat & ridho ALLAH? Mendapat kebahagiaan di dunia dan di akherat, bertemu dengan Allah di Syurga bersama keluarga. Itulah yang selalu kita ucapkan di doa sapujagad kita.

Ya Rab kami, berikanlah kepada kami kebahagiaan di dunia dan kebahagiaan di akherat dan hindarkan kami dari api neraka

Lantas bagaimana kita membaca Ayat-ayat Allah ? Insya Allah akan kita bahas pada pertemuan selanjutnya.

Wallahu A’lam bis Showab
Jazakallah khoiron katsiron
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Recommended Posts

Halaman Utama

Seratus dan Satu (bukan 101) Keinginan

March 19, 2009 Oleh: Syarif Niskala Seandainya kita memiliki mesin hitung otomatis, yakni yang menghitung jumlah keinginan kita per satuan waktu, kita mungkin akan sangat terkejut menyadari jumlahnya. Untuk mengurangi kegamangan karena tidak penah menyadarinya, mari kita simulasikan. Sejak bangun tidur, kita menginginkan tidak macet, tidak terlambat, atasan bersikap memuliakan, bawahan menyelesaikan targetnya, pelanggan menerbitkan […]

trainermuslim 
Halaman Utama

Mengenal Hypnoselling

March 27, 2009 Oleh: Iwan Ketan Kalau mendengar hypno selling mungkin ada bayangan dari diri kita bahwasanya hypnoselling itu sebuah teknik selling dengan modus seperti yang biasa dilakukan pada kejahatan hypnosis. Padahal kalau kita perhatikan dengan seksama, hampir nyaris setiap hari kita terkena hypnoselling di mall mall ketika kita melihat gambar besar SALES disocunt 70% […]

trainermuslim 
Halaman Utama

Sepasang RASA

April 3, 2009 Oleh: Syarif Niskala Jika Anda peduli, sesunguhnya pada setiap pribadi terdapat dua sisi yang satu sama lain saling berinteraksi, saling memengaruhi, saling tergantung, serta niscaya keberadaannya. Mereka adalah jiwa (soul, nafsu, rohani) dan badan (body, jasad, jasmani). Yang satu bersifat non material (gaib) dan yang satunya lagi material (kasat). Salah satu indikasi […]

trainermuslim 

Leave A Comment